™ Benarkah Posisi (Duduk) Menentukan Prestasi?

Jannet Juli 21, 2017
Benarkah Posisi (Duduk) Menentukan Prestasi?
Ilustrasi pilihan duduk di kelas. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Baca juga artikel terkait SEKOLAH atau tulisan menarik lainnya Aditya Widya Putri 

termasuk pasukan yang duduk di barisan depan atau belakang? Kalau Anda dulu,

dan diajak berinteraksi oleh sang guru. Siswa yang memilih duduk di depan mungkin saja merasa lebih mudah melakukan kontak mata, Hal tersebut berkaitan dengan prestasi akademik yang lebih besar pula. duduk di barisan depan memang berpengaruh pada hubungan antara siswa dan guru. ia mengatakan, Tapi yang pasti,

mereka adalah siswa baik yang secara kebetulan lebih suka duduk di depan," katanya. apakah siswa baik [secara prestasi] memang memilih duduk di depan atau, "Tidak jelas,

Ia mengatakan data tersebut sulit ditafsirkan apakah penyebabnya faktor prestasi menentukan adalah tempat duduk mereka. meski sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengurai benang merah antara posisi tempat duduk siswa dengan prestasi yang diraihnya. Sayang,

siswa yang berada di depan cenderung menjadi siswa yang lebih baik," kata Hakala. "Di kelas yang besar,

seorang profesor psikologi dan direktur Pusat Pengajaran dan Pembelajaran di Western New England University membenarkan bahwa siswa yang duduk di depan kelas lebih mungkin akrab dengan guru mereka dibandingkan siswa di barisan belakang. Chris Hakala,

Pintar Itu Sebab atau Akibat?

Mereka cenderung lebih sering berinteraksi satu sama lain sehingga meminimalkan kesempatan untuk menangkap pelajaran.
Tentu kondisinya lain dengan siswa yang duduk di belakang.

Para guru juga cenderung mengarahkan lebih banyak pertanyaan kepada siswa yang duduk di barisan depan. para siswa barisan depan ini cenderung lebih sering berinteraksi dengan gurunya. Maka, Salah satunya lantaran ruang instruksional guru yang lebih dekat. Dalam penelitian ini disebutkan kemungkinan penyebab prestasi akademik siswa lebih tinggi ketika duduk di depan.

Para siswa di barisan pertama jelas tetap memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding siswa di barisan lainnya. Dan hasilnya terlihat berbeda secara signifikan. simulasi dilakukan pada siswa dari sekolah peringkat rendah. Terakhir,

posisi siswa yang duduk di barisan pertama tetap memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding siswa di barisan lainnya.  Hasilnya, Simulasi kedua menempatkan objek penelitian hanya siswa dari sekolah unggulan.

siswa dengan posisi tempat duduk di barisan terdepan memiliki nilai akademik yang lebih tinggi dibanding siswa di barisan lainnya.  Hasilnya, penelitian dilakukan dengan mencampurkan siswa dari sekolah unggulan dan sekolah dengan peringkat rendah. Pada simulasi pertama,

Benarkah Posisi (Duduk) Menentukan Prestasi?
Infografik Posisi duduk dan prestasi pelajar

Mereka diuji tingkat prestasinya dengan tiga simulasi. dkk meneliti sebanyak 1907 siswa kelas enam sekolah dasar di Kenya dari sekolah unggulan dan sekolah dengan peringkat rendah. Moses Waithanji Ngware, Penelitian lain yang memperkuat anggapan posisi menentukan prestasi dipublikasikan pada November 2013 dalam Jurnal SciRes.

hasil belajar Statistik Pendidikan mahasiswa yang duduk di posisi belakang dan diberikan tugas kelompok tak berbeda dengan hasil belajar mahasiswa yang yang duduk di posisi belakang dengan diberikan tugas perorangan. Namun, dibanding dengan hasil belajar mahasiswa yang duduk di posisi depan dan diberikan tugas perorangan. yakni lebih tinggi, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Statistik Pendidikan mahasiswa yang duduk di posisi depan dan diberikan tugas kelompok, Kedua,

Hal itu membuktikan bahwa hasil belajar Statistik Pendidikan mahasiswa yang duduk di posisi depan secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa yang duduk di posisi belakang. sedangkan yang duduk di posisi belakang hanya sebesar 22,500 saja. Penelitian tersebut menyatakan rata-rata skor hasil belajar Statistik Pendidikan mahasiswa yang duduk di posisi depan secara signifikan lebih tinggi sebesar 26,467,

Mansyur Thalib terhadap 60 mahasiswa semester III Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Untad. Misalnya penelitian yang dilakukan Muh. Beberapa penelitian coba mengurai keterkaitan antara posisi duduk siswa dengan tingkat prestasi yang diraih.

sedangkan siswa di barisan belakang kerap diidentikkan disukai oleh siswa-siswa pembuat onar. Para siswa yang duduk di depan cenderung memiliki nilai akademis yang baik, Ada anggapan bahwa posisi menentukan prestasi. Fenomena rebutan tempat duduk semacam itu tak berkembang tanpa sebab.

ruang kelas tampak telah terisi tas-tas tak berempu di atas meja. Di gambar terakhir, Ada juga gambar yang menangkap basah seorang ibu melompati jendela kelas pada pukul 4 pagi untuk memperjuangkan tempat duduk di barisan depan. Foto yang lain menampilkan ide unik orang tua yang memaku tas anaknya di meja. Sebuah foto memperlihatkan rekam cahaya pada sebuah tas berwarna merah muda yang direkatkan ke meja menggunakan lakban coklat.

tersebar foto-foto jenaka para ibu yang beraksi memperebutkan tempat duduk bagi anaknya di kelas. di hari pertama masuk sekolah kemarin, Bahkan, Kelaziman itu masih terus dilakukan hingga sekarang. Aktivitas berebut tempat duduk ternyata tak hanya terjadi di masa kecil saya.

saya harus berlari secepat mungkin menuju kelas setelah upacara usai. untuk mendapatkan posisi duduk di barisan terdepan, Padahal, Saya ingat bagaimana dulu pernah menangis sejadi-jadinya sewaktu duduk di bangku kelas 3 sekolah dasar karena tempat duduk saya direbut.


Source: tirto.id

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.